Widget HTML Atas

7 TANDA IC EMMC ANDROID LEMAH (RUSAK) dan Minta di Ganti





7 Tanda IC EMMC Android Lemah /Rusak dan minta untuk harus di ganti - ciri IC EMMC lemah atau rusak biasanya akan ada gejala - gejala yang akan kalian rasakan pada saat kalian mengoprasikan perangkat  ponsel android .


membicarakan tentang teknologi memang tidak akan ada habisnya , namun tidak akan luput dari yang namanya kerusakan . karena sebagus dan sesempurnanya smartphone pasti akan ada kalanya mengalami kerusakan , entah itu pada fisiknya ataupun kerusakan pada software perangkat lunaknya. jika mungkin yang terjadi adalah kerusakan software system tanpa ada kerusakan fisik maka kemungkinan besar, mungkin masih bisa di atasi dengan cara flashing atau update software .namun jika kerusakan yang terjadi atas kelalaian penggunaan dan terjadi kerusakan fisik maka mau tidak mau sobat sekalian harus segera membawanya ke tukang servis andalan.

Dan biasanya momok dari segala momok adalah kerusakan yang terjadi pada IC EMMC dimana ketika smartphone android mengalami kerusakan di bagian tersebut maka harus mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup lumayan besar yang mungkin bisa sampai dari setengah harga ponsel itu sendiri. dan maka dari itu anda harus perlu mengetahui tanda - tanda ic emmc yang mengalami kelemahan atau penurunan kualitas bahkan hinga rusak , dan sebelum semua itu terjadi maka jika kalian mengetahuinya , bisa secepatnya menanggulangi dengan cara menjualnya, sebelum terlambat sihhh....

EMMC adalah singkatan dari Embedded Multi Media Controller dimana merupakan  IC atau Otak yang berfungsi sebagai sarana media penyimpanan pada ponsel smartphone Android. disamping itu pula, EMMC ic juga pasti akan dilengkapi dengan controller yang berfungsi sebagai pengatur serta memanage (mengelola) dirinya sendiri, hal ini akan berbeda dengan IC Flash yang biasanya sifatnya hanya digunakan untuk media penyimpanan saja.

sehingga tentunya masih membutuhkan IC tambahan sebagai pendorong IC FLASH tersebut yaitu "Processor" yang berguna untuk mengatur, mengontrol serta menulis isi yang di terima oleh IC FLASH.

maka dalam kualitas IC EMMC masih berda jauh lebih tinggi do bandingkan dengan IC flash yang mampu memenuhi dunia teknologi seperti kamera , smartphone ,tablet , dan perangkat teknologi lainnya.
Secara structur IC EMMC terdiri dari dua bagian yaitu Nand Flash IC dan CONTROLLER yang fungsinya adalah untuk mengatur IC Nand Flash tersebut. dan yang paling simpel adalah Nand Flash dan controller / procesor ini di jadikan satu bagian sehingga jika salah satu bagian tersebut mengalami kelemahan atau kerusakan maka harus di ganti semua karena memang tergabung dan tidak dapat dipisahkan salah satunya.

Dalam tahun - tahun ini EMMC lebih banyak digunakan pada teknologi smartphone android dikarenakan simple dan juga kapasitas serta kecepatannya yang lebih unggul jika dibandingkan dengan yang lainnya, yang mampu menyuguhkan kualitas yang smart dan high quality. namun seperti yang mimin katakan bahwa secaggih-canggihnya teknologi , suatu saat akan ada masa berakhirnya. dan berikut adalah tanda - tanda IC EMMC di ponsel android kalian lemah / rusak dan perlu di ganti.

Tanda - tanda IC EMMC amdroid lemah atau rusak versi Arahmath Cell





  1. WIPE atau Factory Reset di Android selalu Gagal - mungkin ketika kalian akan melkukan factory setet melalui data recovery menu selalu mengalami kegagalan recovery atau mungkin berhasil , tapi tetap saja tidak dapat berhasil terformat dengan baik.
  2. jika di Flashing Mengalami kegagalan - android selalu gagal di Flashing meskipun cara dan bahan yang digunakan sudah benar tanpa ada kesalahan sedikitpun. di bawah ini adalah salah satu sample dari kegagalal FLASHING dikarenakan IC EMMC-nya mengalami kelemahan atu rusak. 
  3. BROM ERROR : S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE(5069)- Mungkin saat kalian melakukan flashing dengan SP Flashtool terlebih kususnnya jenis Smartphone android dengan Chipset MTK muncul notifikasi tersebut. LOG tersebut memberikan notifikasi bahwa proses untuk FLASHING tidak dapat di lanjutkan karena IC EMMC sudah lemah / rusak atau mungkin sudah penuh. tapi jika mungkin anda ingin mengganti IC EMMC yang baru maka mungkin lakukan Format terlebih dahulu jika mungkin masih bisa ditolong dan normal kembali. caranya: BUKA FLASHTOOL VERSI 5 Atau yang terbaru lalu LOAD SCATTER File , dan kemudian FORMAT serta Flashing Ulang lagi. Barang kalimasih dapat ditolong dan bisa digunakan lagi meski sudah lemah agar mungkin bisa kalian jual sebelum benar rusak emmc pada android kalian.
  4. Upgrade Selalu Gagal - pada dasarnya ada 2 media di dalam Emmc yakni Nand Flash dan Controller Nand Flash saat akan melakukan proses Upgread berarti tugas kalian adalah menulis dan menghapus semua data yang terdapat pada partisi OS yang ada pada IC Flash dan di Controller langsung ke dalam Emmc tersebut, jika salah satunya ada yang mengalami kerusakan , maka proses penulisan ROM ke dalam Nand flash secara otomatis akan gagal dilakukan, begitupun kebalikannya.
  5. Installasi setiap aplikasi baru selalu gagal - ini semua disebabkan oleh IC EMMC yang error atau semakin melemah atau bahkan mungkin rusak yang mengakibatkan EMMC error write akibat dari Nand Flash yang tidak dapat di tulis ulang oleh Controller yang tergabung di EMMC.
  6. Sering hang atau reboot meski menggunakan OS Official - android smartphone kalian mengalami hang atau rebooting sendiri, padahal ponsel smartphone android kalian saat ini hanya menggunakan OS bawaan (official) yang berarti bahwa media penyimpanan pada OS sudah tidak bekerja dengan baik dan maksimal atau sering disebut dengan BAD BLOCK.
  7. Sering muncul pesan/ notifikasi "sayangnya aplikasi terhenti" - Log seperti ini biasanya di akibatkan oleh controller pada EMMC yang lemah atau mungkin sudah rusak sehingga tidak dapat menjalankan sebuah aplikasi dengan semestinya, dan menandakan bahwa perlu adanya tindaklanjut untuk minta ganti EMMC baru.
berikut ini cara untuk mengetes kondisi EMMC pada ponsel sobat sekalian yang menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada dan di sediakan gratis di playstore.
    APLIKASI TEST KONDISI EMMC di smartphone Android


    Sebagai informasi tambahan akar sobat sekalian dapat mengetes sendiri kondisi kelemahan IC EMMC yang ada pada ponsel android kalian pribadi dengan memanfaatkan aplikasi gratis yang ada di playstore yang bernama "EMMC Brickbug Check" . Namun untuk menggunakan aplikasi tersebut ponsel kalian sudah dalam keadaan sudah dalam kondisi "sudah di root" agar dapat dengan bebas mengakses EMMC yang sifatnya privat dan perlu ijin kusus dari ponsel untuk melakukantidakan tersebut.
    Cara Kerjanya: 
    • Download apk EMMC Brickbug Check di playstore bisa atau cari di google
    • kemudian buka aplikasi tersebut dan silahkan kalian berikan Grant atau ijin pada super user
    • Kemudian lanjutkan dengan membuka Aplikasi EMMC BRICKBUG Check
    • dan disaat, apliksai terbuka informasi tentang EMMC chipakan tampil, misalkan saja tipe : SAMSUNG08G
    • DAN untuk melakukan pengecekan , silahkan anda menuju ke pilihan menu check memory
    • Dan proses pengecekan akan segera dijalankan oleh apliksi tersebut
    • dan tentunya kalian bisa melihat semua hasilnya 
    • jika hasil yang dihasilkan seperti pada gambar di atas , maka itu menadakan bahwa EMMC ponsel android anda dalam keadaan sehat dan baik tanpa ada kerusakan software atau kerusakan teknis.




    Begitulah ulasan tentang tanda-tanda IC EMMC Smartphone android kalian Lemah atau rusak dan perlu di ganti. semoga artikel diatas bisa membantu anda untuk mengetahui kesehatan ponsel dan IC EMMC anda agar bisa mengetahui dan menjaga serta was -was terhadap pengoprasian pada ponsel kalian.

    4 komentar untuk "7 TANDA IC EMMC ANDROID LEMAH (RUSAK) dan Minta di Ganti"

    1. Smartphone saya Xiaumi HM NOTE 1W 3G
      Menggunakan SP_Flash_Tool_v5.1712_Win
      muncul pesan

      "scatter storage HW_STORAGE_EMMC
      target storage type is HW_STORAGE_NAND"

      oiya smartphone saya ganti memori internal nya dari 8GB menjadi 16GB
      Bagaimana memperbaikinya?
      thanks

      BalasHapus
      Balasan
      1. kalau upgrade memory ane belum pernah nyoba gan.. mungkin lain kali kalau ada bahan uji coba hheheh..

        Hapus
    2. Balasan
      1. jangan terapin link hidup gan.. pasti auto spam detected...hhehheh

        Hapus

    Posting Komentar

    Adblock Terdeteksi

    Mohon matikan plugin Adblock untuk tetap mendukung situs ini berkembang

    Disable Adblock & Reload